Jumat, 02 Januari 2015

Peran Teknologi Di Berbagai Aspek Kehidupan


     Computer dan teknologi dimasa sekarang ini berkembang sangat pesat, Tidak dapat dipungkiri lagi kalau teknologi informasi kini, sangat berpengaruh dalam proses kehidupan sehari-hari yang manusia lalui. Semua aspek kehidupan itu tidak luput dari peranan teknologi informasi dan manfaat yang dapat kita rasakan. Mulai dari aspek pendidikan sampai militer semuanya sangat membutuhkan manfaat dari teknologi informatika untuk melancarkan prosesnya. Mulai dari digunakan ntuk kebutuhan individu maupun organisasi. Dari orang-orang kota maupun orang-orang pedesaan. Perusahaan-perusahaan dan perguruan tinggi bersaing dengan sangat ketat menciptakan berbagai inovasi baru untuk teknologi masa kini. Kini, setiap detiknya terdapat hasil inovasi baru dari teknologi di berbagai belahan dunia

1. Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Perusahaan

   Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi banyak digunakan para usahawan. Kebutuhan efisiensi waktu dan biaya menyebabkan setiap pelaku usaha merasa perlu menerapkan teknologi informasi dalam lingkungan kerja. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi menyebabkan perubahan bada kebiasaan kerja. Misalnya penerapan Enterprice Resource Planning (ERP). 

2. Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Bisnis

    Teknologi Informasi dan Komunikasi dimanfaatkan untuk perdagangan secara elektronik atau dikenal sebagai E-Commerce. . Selain itu  ada juga Online shopping atau perdagangan onine pada dasarnya transaksi pembelian secara online itu dapat membuat waktu berbelanja menjadi singkat, tinggal klik dan transfer anda bisa mendapatkan barang yang anda inginkan. 

3. Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Perbankan

     Dalam dunia perbankan Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah diterapkannya transaksi perbankan lewat internet, transaksi itu dibedakan menjadi.
1.Transaksi via Internet (transfer)
2.Transaksi via Ponsel  (Pemindah-bukuan)
3.Phone Bankin
4.SMS/ m-Banking
5.Internet Banking

          Anda dapat menyimpan, mentransfer, atau pun berbelanja dengan berbgai layanan ini.

4. Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan

  Teknologi pembelajaran terus mengalami perkembangan seiring perkembangan zaman. Dalam pelaksanaan pembelajaran sehari-hari sering dijumpai kombinasi teknologi audio/data, video/data, audio/video, dan internet. Internet merupakan alat komunikasi yang murah dimana memungkinkan terjadinya interaksi antara dua orang atau lebih. Kemampuan dan karakteristik internet memungkinkan terjadinya proses belajar mengajar jarak jauh (E-Learning) menjadi ebih efektif dan efisien sehingga dapat diperoleh hasil yang lebih baik

5. Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Kesehatan

    Teknologi Informasi di bidang kesehatan atau kedokteran komputer juga telah memperlihatkan peran yang sangat signifikan untuk menolong jiwa manusia, dan riset di bidang kedokteran. Komputer digunakan untuk mendiagnosis penyakit, menemukan obat yang tepat, serta menganalisis organ tubuh manusia bagian dalam yang sulit dilihat. Contoh pemanfaatan Teknologi di bidang kesehatan antara lain berupa :
1.Rekaman Medis pasien secara elektronik
2.Informasi pasien
3.CT Scan  (Computer Tomography)
4.USG (Ultra Sono Graphy)
5.Sistem Computerized Axial Tomography (CAT)
6.Single Photon Emission Computer Tomography (SPECT)
7.Saat ini telah ada temuan baru yaitu komputer DNA, yang mampu mendiagnosis penyakit sekaligus memberi obat. 

6. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Kepolisian

  Kepolisian menggunakan teknologi informasi untuk melakukan berbagai aktifitas. Contoh yang umum adalah:

1.Untuk membuat SIM (surat izin mengemudi). Dengan menggunakai bergagai fasilitas teknologi yang teredia saat ini, dimungkinkan untuk membuat SIM hanya dengan waktu singkat.

2.Sidik jari yaitu pencocokan pola (pattern recognition) pada jari tangan, untuk menyelidiki pelaku kejahatan.

3.Teknologi pengenalan wajah (face recognition) dapat digunakan untuk mengenali wajah-wajah para pelaku tindak kriminal yang telah tersimpan dalam basis data di dasarkan oleh suatu sketsa wajah atau foto.

4.LEADS (Law Enforcement Automated Data System)
yaitu untuk melacak para mantan napi dan mencocokkan dengan cepat terhadap foto tersangka.

7. Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pemerintahan

  Kini, hampir setiap perkantoran maupun instansi pemerintah telah menggunakan komputer. Penggunaannya mulai dari sekedar untuk mengolah data administrasi tata usaha, pelayanan masyarakat (public services), pengolahan dan dokumentasi data penduduk, perencanaan, statistika, pengambilan keputusan, dan lain-lain.hingga,  E-Government atau penggunaan teknologi informasi yang dapat meningkatkan hubungan antara pemerintah dan pihak-pihak lain. Penggunaan teknologi informasi ini kemudian menghasilkan hubungan bentuk baru seperti: G2C (Government to Citizen), G2B (Government to Business), dan G2G (Government to Government).Bahkan saat ini dengan adanya e-government, komputer memiliki peran yang sangat penting bagi pemerintah untuk melakukan sosialisasi berbagai kebijakan, melakukan pemberdayaan masyarakat, termasuk kerjasama antar pemerintah, masyarakat, dan pelaku bisnis, memperkenalkan potensi wilayah dan parawisata, dan sebagainya.

8. Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Militer

   Kemajuan pesat teknologi informasi secara khusus diimplementasikan dalam konsep yang disebut Perang Informasi (Information Warfare), yang menjadi landasan penting bagi pengembangan doktrin militer di masa datang. Dengan
demikian teknologi informasi akan sangat berpengaruh terhadap perubahan strategi militer. Hal ini bisa dilihat dari dua sisi. Pertama, dari sisi komandan, Teknologi Informasi dapat membantu menyediakan informasi potensial lebih cepat dan banyak melalui rantai komando dan pengendalian untuk mempercepat pengambilan keputusan. Kedua, dari sisi kemampuan pasukan, Teknologi Informasi memungkinkan pasukan mendapat informasi pada waktu dan tempat yang tepat, sehingga akan mengurangi apa yang oleh Clausewitz disebut “kabut perang”, dan juga membuat pasukan menjadi lebih fleksibel. Dalam pengertian integrasi sistem, Teknologi Informasi membuat kompleksitas pada organisasi militer lebih berat dari pada sebelumnya. Kompleksitas ini dapat diatasi dengan menggunakan peranti lunak yang dirancang untuk keperluan tersebut terutama perkembangan pesat pada peranti lunak data base. Dalam hal infrastruktur, militer yang baru memembutuhkan jaringan informasi yang dengan band width besar. Sebagai contoh Perang Teluk, infrastruktur yang digelar mampu menampung 700.000 sambungan telepon, 152.000 pesan setiap hari, dan menggunakan 30.000 frekuensi radio.

9. Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Jurnalistik

    Bagi Jurnalistik peran TI sangat penting, dengan TI seperti internet, informasi yang dibuat akan cepat diakses oleh orang lain. Seperti saat ini surat kabar yang kita baca setiap hari semakin lama akan beralih menjadi media surat kabar Online. Dan juga dengan adanya TI seorang jurnalis akan dapat menulis berita yang diinginkan nya dengan cepat, dan dapat langsung diakses oleh orang lain untuk sebagai sumber informasi. Jadi teknologi informasi (TI) sangat besar pengarhnya bagi jurnalistik karena perkembanagan Teknologi Informasi jurnalistik pasti akan berubah mengikuti laju perkembangan Teknologi Informasi tersebut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar